Komunitas Kultur Jaringan

Blog ini disediakan Esha Flora untuk komunitas tanaman hias, para hobiis, praktisi, ataupun mania kultur jaringan, silahkan berkomunikasi tukar menukar pengalaman anda, misi nya adalah ” Memasyarakatkan kultur jaringan”

Komunitas  Kultur jaringan   di   Facebook

Komunitas  Kultur Jaringan  di  Eshaflora.com

Dan dengan ini, kami mengajak rekan2 yang punya bisnis kultur jaringan, tanaman hias, pembibitan, pupuk dll, maupun  yang punya Blog/Web untuk saling tukar-menukar Baner atau Link (Link exhange), dengan tujuannya utamanya selain bisnis, tidak lain adalah mempererat silaturahmi dan persahabatan diantara kita, silahkan rekan2 pilih sendiri untuk pasang Baner atau Link di bawah ini:


Esha Flora

copy paste kode dibawah ini:

atau link ini :

Esha Flora

<a target=”_blank” href=”https://eshaflora.wordpress.com/&#8221; mce_href=”https://eshaflora.wordpress.com/”>Esha Flora </a>

Setelah terpasang silahkan tinggal kan pesan di kolom komentar, dan jangan lupa berikan alamat URL Blog anda terima kasih… salam

21 thoughts on “Komunitas Kultur Jaringan

  1. Kepada semua pihak yang berkaitan dengan kultur jaringan, … mari kita kembangkan kultur jaringan di Indonesia. Semoga kultur jaringan di Indonesia dapat berkembang dengan pesat. Mari kita saling bantu-membantu… saling bertukar informasi … saling berbisnis kultur jaringan yang baik agar Indonesia yang tercinta ini maju dengan pertaniannya…. agar Indonesia yang terkenal dengn sebutan ” Mega Biodiversity” menjadi terhebat di dunia. Memang tidak mudah untuk memulai… tapi kalu tidak kita mulai maka kita akan semakin jauh tertinggal dengan negara tetangga kita seperti malaysia dan thailand.
    Mari … dengan niat yang baik dan luhur kita bangun Indonesia dengan sekuat tenaga. Mari kita perkuat kemampuan kita untuk dapat menghasilkan bibit unggul dalam jumlah besar….
    Mari kita membuat varietas-varietas unggulan baru yang dapat menyaingi thailand….
    Mari kita kembangkan dan manfaatkan plasma nutfah hutan kita seperti tumbuhan obat, pohon unggulan, tanaman hias hutan sehingga kita tidak seperti “tukus mati di lumbung padi”
    Mari kita bangsa Indonesia tunjukkan pada dunia bahwa kita mampu berbuat yang terbaik…. Amin …

  2. Saya benar2 awam ttg Kultur Jaringan (KJ) sehingga saya ingin tahu : apakah saya bisa membawa sepohon aglaonema ke Esha Flora untuk di-KJ-kan? Brp lama prosesnya, biayanya dan jadinya brp pohon? Apa kelemahan dan kekurangan tanaman hasil KJ ? Trims utk jawaban pertanyaan bodoh ini.

    1. maaf terlambat menjawab.
      Bisa, tapi agak sulit untuk mendapatkan kultur yang steril.
      Di dalam kultur jaringan tahapan yang paling sulit adalah tahapa inisiasi atau memasukkan bagian tanaman dari luar ke dalam botol kultur dalam kondisi steril..
      Hal ini disebabkan selain banyak faktor yang mempengaruhi kontaminasi juga adanya mikroba sistemik di dalam bagian tanaman tersebut yang menyebabkan sulit untuk mendapatkan kultur yang steril.
      Bila kita sudah mendapatkan kultur sterilnya, maka tahapan yang selanjutnya akan jauh lebih mudah…kita tinggal mensupkultur atau memperbanyak dari satu botol ke botol lainnya.
      Proses inisiasi umumnya sekitar 3 bulan, karena biasanya eksplan (bagian tanaman yang di kulturkan tersebut) akan mengalami stres dan dorman (stagnan pertumbuhannya) dan mulai tumbuh dan bisa di subkultur setelah 3 bulan.
      Dalam proses inisiasi ini tidak dapat dipastikan akan berhasil walaupun kita sudah mengoptimalkan seluruh kemampuan yang kita miliki. Hal ini disebabkan sulitnya kita mensterilkan jaringan tanaman yang mengandung mikroba sistemik untuk dapat benar-benar steril. Biasanya kami meminta biaya riset sebesar 1, 5 juta untuk biaya inisiasinya saja. Biaya tersebut dipakai untuk pembelian antibiotik proanalis yang digunakan untuk karantina dan proses sterilisasi eksplan, demikian pula diberikan pada media kultur. Demikian pula dengan komposisi hormon dan vitamin yang diberikan pada indukan tanaman yang akan diambil eksplannya untuk memacu pertumbuhan tunas agar dapat lebih cepat tumbuh dibandingkan dengan infeksi mikroba yang ada di dalam jaringan tanaman tersebut.
      Kelemahan dan kekurangan tanaman hasil kultur jaringan, memerlukan perawatan yang lebih intensif karena ukurannya yang kecil, serta masih dalam proses adaptasi dari dalam botol ke luar botol. Proses adaptasi tidak hanya masalah fisik tapi juga adaptasi fisiologi, yang tanaman hasil kultur jaringan harus dilatih untuk dapat menghasilkan sistem hormonal indogen kembali dengan baik.
      Pertanyaannya baik sekali. ini pertanyaan yang seringkali ditanyakan oleh banyak orang yang baru kenal kultur jaringan. Semoga penjelasan ini dapat lebih memperjelas persepsi dan wawasan anda tentang kultur jaringan. Terima kasih.

  3. di Esha Flora bapak bisa membeli pohon aglonema hasil kultur jaringan di Esha Flora, jika mengikuti kursus peserta boleh membawa pulang tanaman hasl kulturnya. Kelebihan tanaman hasil kuljar adalah kita bisa memperbanyak dalam waktu cepat. untuk kekurangannya hampir tidak jika mengetahui teknik kultur jaringannya. Silahkan datang ke ESHA FLORA

  4. Saya alumni kursus angkatan 36 (26-30 November2007) TC3607131. Minta alamat email Mr. Kuljar atau siapapun dari tim Esha Flora yang masih aktif. Semua alamat email dari buku kumpulan peserta pelatihan punya saya, sudah tidak aktif semua. Saya mau minta bantuan jasa kuljar. Selain itu ingin konsultasi secara mendalam dg para “suhu” kuljar. Tolong dijawab ke email saya saja (kaize2n@yahoo.com).
    Terima kasih.

  5. saya mahasiswi yg ingin melakukan pnelitian ttg kultur jaringan. bolehkah saya minta alamat e mail siapa saja yg juga mendalami kultur jaringan. saya ingin berkonsultasi dan bertanya mengenai referensi2 yg bisa saya dapatkan. mohon dibalas ke e mail saya (susiwihayatina@yahoo.com). terimakasih..

    1. Yth Bapak Jack Deda

      maaf saya kurang mengerti maksudnya.
      Yang saya butuhkan tentang kuljar adalah riset-riset yang lebih komprehansif dan dapat diterapkan…disamping finansial dan manajemen yang baik.
      Terima kasih

    1. Hasil kultur jaringan cukup baik dengan kondisi skala rumah tangga.
      Riset dapat berjalan dengan baik hanya keterbatasan kapasitas yang membuat kita tidak produksi dalam jumlah besar. Demikian pula dengan beberapa riset yang sudah dilaksanakn belum dapat dierapkan karena keterbatasan dana dan kesempatan.
      Permasalahan keterbatasan skala rumah tangga sudah dapat diatasi. Dan hal ini masih merupakan kendala bagi para pengkultur lainnya. Sebenarnya sederhana saja kalau mereka mau lebih teliti dan tekun
      Demikian terima kasih

    2. Kepada Yth Bapak Jack Deda
      Hasil kultur jaringan cukup baik dengan kondisi skala rumah tangga.
      Riset dapat berjalan dengan baik hanya keterbatasan kapasitas yang membuat kita tidak produksi dalam jumlah besar. Demikian pula dengan beberapa riset yang sudah dilaksanakn belum dapat dierapkan karena keterbatasan dana dan kesempatan.
      Permasalahan keterbatasan skala rumah tangga sudah dapat diatasi. Dan hal ini masih merupakan kendala bagi para pengkultur lainnya. Sebenarnya sederhana saja kalau mereka mau lebih teliti dan tekun
      Demikian terima kasih

  6. saya dari kuljar multi agro kultura,yg bergerak di tanaman jati dan pisang.bagi yang membutuhkan bibit tanaman kuljar pisang dan jati bisa langsung menghubungi saya di nmr 085697357313.

  7. teman saya seorang pebisnis ikan dan aquaskap, rupanya ikan indonesia itu sangat digemari di Eropa. ikan yang kita anggap sampah di Negara sendiri menjadi barang yang mahal diluar sana, tetapi begitu juga sebaliknya, ikan dari luar menjadi trand di Negeri ini. Tetapi dalam aquaskaping bukan hanya ikan yang diperlukan tetapi juga tanaman air, kebanyakan tanaman air diindonesia dikembangkan secara tradisional, mengharapkan tanaman itu tumbuh secara alami di alam sedangkan dinegara lain sudah banyak yang membudidayakan tanaman ini dengan memanfaatkan tekhnologi terutama kultur jaringan.

    setelah saya amati dari beberapa tanaman air yang sangat susah dikembangkan adalah anubias. Anubias merupakan Tanaman air yang juga bisa hidup di semi air sehingga dapat dikembangkan secara kultur jaringan. tanaman ini pertumbuhannya sangat lambat dibandingkan dengan tanaman air yang lain sehingga di pasaran indonesia harganya menjadi sangat mahal.

    saya mendengar cerita dari teman2 saya ada seseorang yang membeli tanaman ini dari luar negri, dia membeli dalam bentuk botolan, saya berpikir kalau orang ini adalah orang pertama yang mau membeli tanaman ini dalam bentuk planlet. tetapi permasalahannya orang ini sangat tertutup untuk masalah ini (mungkin karena ini merupakan tanaman mahal makanya dia sangat tertutup) saya berharap ada orang2 di forum ini yang mau mengkulturkan tanaman ini, kalau bisa semua tanaman air sehingga kita dapat menjaga harga pasar tanaman ini tetap stabil.

    saya sangat ingin mengultur tanaman ini tetapi saya terbattas dengan peralatannya. sebelum2nya saya sempat bisa masuk ke dalam lab kultur jaringan di IPB tetapi sekarang sudah tidak bisa karena beberapa problem

    1. Secara teoritis sebenarnya kultur tanaman air ini bisa dilakukan, masalahnya adalah belum ada yang benar-benar menekuni ke arah ini. Sedangkan saya, bukannya tidak mau. tapi energi, waktu dan tenaga yang ada sudah tidak memadai untuk mengerjakan berbagi macam kegiatan kultur jaringan. jadi akan lebih baik bila anda focus ke kultur tanaman air ini insya Allah, pasti akan menemukan kesuksesan…ya walupun tersandung dan terjatuh pasti akan di alami…tapi kita ngga boleh takut jatuh dan tersandung ya….kalau ngga ya kapan kita akan berhasil…Ok semoga sukses ya..
      edhi sandra

      1. kendala utamanya tempet untuk mensubkultur, tapi sedang diusahakan, tinggal beli plantletnya ini yang masih impor, ada yang pernah mencoba beli plantlet anubias dari luar?

  8. asslamualaikum.
    mbak, niken mau bertanya.
    media dan konsentrasi ZPT apa yang paling cocok dalam kultur jaringan, untuk menghasilkan kalus untuk tanaman coklat.!!
    makasih

  9. apa ada yang punya plantlet anubias?
    kalau auksin kita larutkan di air biasa terus kita siramkan ke tanaman apakah akan berpengaruh? apa yang menyebabkan auksi rusak? minta tolong ya jawabannya, cz saya sangat butuh info ini

    1. maaf plamtlet anubias tdk ada.
      iya berpengaruh, auksin rusak ada 2 kelompom penyebab:
      1. terkontaminasi, baik bakteri maupun jamur yang dapat menyebabkan terdegradasinya senyawa auksin tersebut.
      2. Senyawa terdegradasi, karena berbagai hal seperti radiasi, suhu panas, senyawa kimia, logam berat.
      demikian terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s