Halo Dunia Kultur Jaringan Tanaman – Plants Tissue Culture

PROFIL ESHA FLORA

brosur-profil-luar-a4

brosur-profil-dalam-a4

PENDIRI

Bagi kalangan yang bergerak dalam dunia kultur jaringan pasti sudah kenal dengan bapak yang satu ini. Dia adalah Bapak beranak 3 yang sangat konsisten dalam mengemban misi memasyarakatkan teknonologi kultur jaringan dalam skala rumah tangga. Berikut data lengkap mengenai beliau: 

 edhisandra

Nama Lengkap   :  Ir. Edhi Sandra MSi.
Nama Julukan    :  Mister Kuljar
Alamat Rumah   :  Jl. Kemuning VI Blok M VI No. 9 Taman Cimanggu Bogor                         
Alamat Kantor   : Lab. Konservasi Tumbuhan Jurusan Konservasi Sumberdaya Hutan,  Fakultas Kehutanan – IPB  Kampus IPB Darmaga PO. BOX 168 Darmaga.
No Hp. 08128213720 

Saat ini beliau tetap melaksanakan kesibukan rutinnya sebagai dosen IPB, Jurusan Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata Fakultas Kehutanan IPB. Dalam kesehariannya beliau juga turut mendukung sang istri, Ibu Ir. Hapsiati yang sekaligus sebagai direktur dan pendiri ESHA FLORA melalui program pelatihan kultur jaringan, dimana beliau sebagai instruktur dan penasehat di dalamnya.     

Tidak kepalang tanggung usaha nursery ESHA FLORA yang telah dirintis sejak tahun 2003 silam sangat membuahkan hasil, kini ESHA FLORA sudah memiliki pegawai tetap dan sudah banyak dikenal khalayak luas karena konsistensinya dalam mempopulerkan teknologi kultur jaringan skala rumah tangga.     

Prestasinya tidak hanya di ESHA FLORA dan di dunia pendidikan, Dia pun telah menulis beberapa buku, salah satunya adalah yang berjudul ”Kultur Jaringan Anggrek Skala Rumah Tangga.”     

Sedikit banyak peran Dia sangat berarti dalam meningkatkan wawasan dan pengetahuan masyarakat mengenai kultur jaringan skala rumah tangga sebagai salah satu alternatif yang dapat diterapkan guna upaya perbanyakan tanaman baik bagi kalangan hobiis maupun pedagang tanaman, sehingga mendapat julukan Mister Kuljar oleh siswanya (red S-Flora). ☺☺☺

10 thoughts on “Halo Dunia Kultur Jaringan Tanaman – Plants Tissue Culture

  1. Bapak Ir. Edhi Sandra MSi. atau Ibu Ir. Hapsiati, salam kenal dari saya.
    Bapak/Ibu saya sangat tertarik dengan ap yang tehah ashaflora buat dan alangkah baiknya kalau di ashaflora dibuat forum/komunitas khusus untuk kultur jaringan

  2. ass pa apakah saya bs minta bantuan bapak saya blm mendapat data2 tentang teori2 anggrek dan teori kultur jaringan apakah bapak bisa memberikan ilmu bapak kepada sya mengenai hal tersebut,,,sblmnya terima kasih banyak kirim ke email saya saja dimassoemarsono@yahoo.com

  3. Yth bapak Agus Akhmad Kurniawan…
    terima kasih atas usulannya….dan saya setuju saja…malah ada yang saran membuat milling list agar bisa saling diskusi mengenai kultur jaringan…Komunitas kultur jaringan merupakan sesuatu yang saat ini sepertinya diperlukan karena banyak orang yang sudah mulai terlibat dengan kultur jaringan mulai dari mahasiswa yang mau penelitian, guru, pengusaha, para hobis tanaman hias dll….Hanya masalahnya tangan saya cuma dua …seandainya ada teman-teman yang mau mengkoordinir komunitas tersebut akan baik sekali…..
    Sebenarnya peserta pelatihan kultur jaringan yang telah saya adakan telah mencapai peserta lebih dari seribu……saya berharap halini akan berdapat kepada perkembangan pertanian di Indonesia…..
    Belum lagi ….saat ini sudah mulai berjamuran pelatihan kultur jaringan……dan akan semakin banyak orang yang akan terjun ke dunia kultur jaringan…….
    Saya mohon masukan dari semuanya. Terima kasih sebelumnya…
    edhi sandra

  4. Yth Bp Dimas Soemarsono…
    Dengan senang hati saya akan mengajarkan anda….
    main saja ke Esha Flora di :
    Jln. Kemuning 6 blok M6 No 9 Taman Cimanggu Bogor Tlp. 0251 8344879.
    Dengan datang kle Esha Flora anda akan melihat langsung bagaimana kondisi kultur jaringan skala rumah tangga. Ruang kultur tidak harus ber AC…tidak wajib pakai lampu…..tidak harus serba kedap dan steril……..yang penting kita tau cara mengatasi atau memodifikasi dalam skala rumah tangga.
    Terima kasih
    edhi sandra

  5. Pak Edhi yang baik,
    Saya berminat untuk ikut pelatihannya tapi jadwal yang tercantum di web Bapak sudah tidak update. kalau ada jadwalnya mohon saya dikirimi, karena saya berharap dapat merencanakan cuti untuk mengikutinya
    Mohon bantuannya, terima kasih

    Salam,

    teguh asri j
    0816 16 2 44 64

  6. Yth Bapak Teguh…
    mohon maaf atas kekurangan dan kekhilafan kami…
    Bersama ini kami sampaikan daftar Pelatihan Kultur jaringan tahun 2009.

    I. Jadwal Pelatihan Reguler

    1. Mei : 11 – 15 Mei dan 25 – 29 Mei
    2. Juni : 8 – 12 Juni dan 22 – 26 Juni
    3. Juli : 13 – 17 Juli dan 27 – 31 Juli
    4. Agustus: 10 – 14 Agust dan 24 – 28 Agust
    5. Sept : 7 – 11 September
    6. Okt. : 12 – 16 Okt dan 26 – 30 Okt.
    7. Nov. : 2 – 6 Nov dan 16 – 20 Nov
    8. Des. : 7 – 11 Desember.

    Jam : 09.00 – 16.00
    Biaya : @ Rp. 2.500.000 / orang

    II. Pelatihan Modul / Privat

    Waktu : Tergantung perjanjian. Empat (4) hari efektif (tdk lebih dari 3 bln)
    Jam : 09.00 – 16.00
    Biaya : @ Rp. 3.000.000 / orang

    III. Kursus Singkat
    Waktu : 1 hari
    jam : 09.00 – 16.00
    Materi : Bebas sesuai permintaan (Sesuai perjanjian terlebih dahulu, materi sekitar budidaya dan mengenai tanaman.)

    Fasilitas :
    1. Kit pelatihan
    2. makan siang dan snack
    3. seluruh fasilitas praktek.

    Terima kasih
    Edhi sandra
    08128213720

  7. menarik sekali wacananya. Kepingin sih ikutan cuma ngk tau jadwal pelatihannya lagian juga sekarang dah pindah ke banda aceh jadi tambah jauh. sekali-kali pelatihannya dibanda dong paling ngk kalo bisa di medan biar yang ujung-ujung sumatra bisa kuljar juga

  8. Dear pak Edi S.

    Salam kenal, saya cipi tertarik dengan kursus kultur jaringan untuk tanaman kentang, yang saya tanyakan berapa biayanya dan lama waktu kursus?

    Thanks

  9. Kepada seluruh tim Esha Flora, Selamat Idul Fitri 1430 H.
    Saya ada pertanyaan, untuk kultur kelapa puan/kopyor apakah hasilnya nanti bisa 100% kelapa kopyor atau masih ada kelapa biasa? untuk penanaman secara konvensional masih didapatkan hasil kelapa biasa ( tidak jadi kopyornya), bagaimana dengan kultur jaringan? Katanya hasil kultur identik dengan induknya, berarti jika induknya masih menghasilkan kelapa biasa, hasil kultur tidak bisa 100% kopyor. Mohon penjelasannya?
    Terima kasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s