Bunga Rafflesia Patma Mekar di Kebun Raya Bogor

Rafflesia patma pertama di dunia tumbuh dan mekar di Kebun Raya Bogor.

Bunga Rafflesia patma  termasuk bunga langka, merupakan kerabat dekat (satu genus) dengan Rafflesia arnoldi, mekar untuk pertama kalinya sejak 81 tahun terakhir di Kebun Raya Bogor. Bunga langka ini tumbuh di luar habitat aslinya (eks situ) pada Senin (1 Juni) malam. Dan bagi yang ingin melihatnya kini terbuka untuk pengunjung umum yang ingin melihatnya.

Bunga Rafflesia patma yang mekar di Kebun Raya Bogor ini merupakan hasil pengembangan dan penelitian sejak tahun 2004 dengan mengambil inang berupa tumbuhan Tetrastigma (jenis anggur-angguran) dari kawasan Pangandaran, Jawa Barat.

Tumbuh dan mekarnya Rafflesia patma ini juga menjadi penanda kemenangan Indonesia atas Malaysia dalam penelitian Rafflesia. Mengingat hingga saat ini Malaysia hanya mampu membudidayakan Rafflesia di habitat aslinya (in situ) dan Indonesia telah mampu membudidayakan di luar habitat aslinya (eks situ).

Rafflesia patma tumbuh dan mekar di Kebun Raya Bogor
Rafflesia patma tumbuh dan mekar di Kebun Raya Bogor (foto Kompas)

Mengenal Rafflesia patma.
Rafflesia patma merupakan satu diantara 15 jenis (spesies) Rafflesia yang terdapat di Indonesia. Rafflesia patma mempunyai ukuran bunga berdiameter antara 25-30 cm. Bunganya mempunyai lima kelopak berwarna jingga muda agak pucat (salem). Yang membedakan dengan jenis Rafflesia lainnya, warna bunganya yang cenderung lebih pucat. Ciri khas lainnya adalah adanya duri-duri yang terdapat pada diktus.

Rafflesia patma pertama kali ditemukan pada tahun 1825 di pulau Nusakambangan, Jawa Tengah ini seperti jenis-jenis Rafflesia lainnya tidak dapat tumbuh sendiri. Rafflesia patma tumbuh pada akar dan batang inang Tetrastigma lanceolarium dan Tetrastigma papillosum.

Klasifikasi Ilmiah.

  • Kerajaan: Plantae;
  • Divisi: Magnoliophyta;
  • Kelas: Magnoliopsida;
  • Ordo: Malpighiales;
  • Famili: Rafflesiaceae;
  • Genus: Rafflesia;
  • Spesies: Rafflesia patma
    Nama Binomial Rafflesia patma (Blume, 1825).
  • Nama Indonesia: Rafflesia Patma.
Rafflesia patma di habitat aslinya (foto parasiticplants)
Rafflesia patma di habitat aslinya (foto parasiticplants)

Habitat yang sesuai untuk Rafflesia patma merupakan daerah antara tipe lautan pantai dengan tipe hutan hujan tropika dataran rendah (ekoton). Beberapa tempat yang menjadi habitat bunga ini antara lain pulau Nusakambangan (Jawa Tengah) dan Cagar Alam Leuweung Sancang (Jawa Barat).

Macam Jenis Rafflesia di Indonesia.
Ada sekitar 30-an spesies Rafflesia. Dan Indonesia memiliki jumlah spesies terbanyak sejumlah 15 spesies disusul oleh Malaysia yang mempunyai 7 spesies. 15 Spesies Rafflesia yang terdapat di Indonesia antara lain: Rafflesia arnoldi (R. Brown), Rafflesia hasseltii (Suringar), Rafflesia Patma (Blumenon Meijer), Rafflesia rochussenii (Teijsm and Binn), Rafflesia zollingertana (Koorders), Rafflesia priceii, Rafflesia godulensis, Rafflesia atjehensis (Koorders), Rafflesia ciliate, Rafflesia borneersis, Rafflesia witkampi, Rafflesia micropylora (Meijer), Rafflesia bengkuluwensis, Rafflessia meijeri (Wiriadinata and Rismita Sari), Rafflesia Lawangensis.

Referensi:
•    zipcodezoo.com/Plants/R/Rafflesia_patma;
•    antaranews.com/berita/1275470315/rafflesia-patma-mekar-di-kebun-raya-bogor;
•    Alamendah
Gambar:
•    stat.k.kidsklik.com/data/photo/2010/06/02/1742557620X310.JPG (kompas);
•    www.parasiticplants.siu.edu/Rafflesiaceae/Raff.patma.page.html.

8 thoughts on “Bunga Rafflesia Patma Mekar di Kebun Raya Bogor

    1. kultur jaringannya sampai sekarang belum ada yang berhasil. Harusnya sih bisa atau secara teoritis harusnya bisa, tinggal mencari ramuan media dan hormon yang tepat…
      malaysia sudah mencoba tapi tidak berhasil. Saya dulu pernah mencoba tapi tidak optimal, mati tak mau hiduppun tidak selama satu ntahun lebih. dan kebun raya bilang katanya sih sudah berkalus..

    1. oh maaf saya malah lupa artikelnya…alasan ditemukan di daerah hutan hujan tropis dataran rendah….sangat dipengaruhi oleh habitat tempat tumbuhnya inangnya yaitu tumbuhan tetrastigma sp. yang merupakan tumbuhan liana besar yang memerlukan pohon besar untuk rambatannya. Dan pohon besar yang dapat tumbuh dengan baik pada hutan hujan tropis dataran rendah karena berlimpah makanan, air dan sinar matahari sepanjang tahun. Dan Tetratigma dapat tumbuh dengan baik. Dengan demikian maka rafflesia juga dapat tumbuh dengan baik…Tapi penyebaran rafflesia sampai sekarang masih tanda tanya besar, banyak ilmuwan berargumentasi tapi belum ada data yang akuratnya..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s