Anggrek Hitam (Black Orchid)

Coelogyne Pandurata disebut Anggrek Hitam atau Black Orchid, Bunganya cukup harum semerbak dan biasa mekar pada bulan Maret hingga Juni. Anggrek ini memiliki lidah (labellum) berwarna hitam (sehingga diberi nama Anggrek Hitam) dengan sedikit garis-garis berwarna hijau dan berbulu. Sepal dan petal berwarna hijau muda.Coelogyne pandurata Lindley tersebar di Malaysia, Sumatra, Kalimantan dan di Philipina di Mindanao, Luzon dan pulau Samar. Anggrek hitam ini mengalami penurunan jumlah yang cukup besar, kini diperkirakan jumlah nya lebih banyak berada di tangan para kolektor anggrek.

Untuk mencegah terjadinya kepunahan spesies ini, maka harus diupayakan teknik budidaya yang tepat untuk menyediakan tanaman-tanaman baru anggrek hitam secara cepat dengan kualitas dan kuantitas yang baik, yaitu dengan
teknik kultur in vitro

6 thoughts on “Anggrek Hitam (Black Orchid)

  1. Mohon informasi nya, saya beli flask Coelogyne Pandurata dai toko di KBR Bogor ,bagaimana merewatnya agar dapat tumbuh sehingga dapat menjadi aggrek dewasa dan juga berbunga.

    Saya sudah baca tentang Auksin ( IAA dan NAA ) serta Gibelirine ( GA3 ~ GA7 ) serta peran B-1, apakah saya dapat berikan hormon hormon tersebut pada ceologyne baby saya.

    Tks atas respon nya .

    samarorchid@gmail.com

  2. intinya kalau kita membeli bayi anggrek maka perlu perhatian yang intensif, terutama pada kondisi lingkungan dan makanannya. Yang perlu dijaga adalah bahwa kondisi lingkungan tidak bersifat ekstrim demikian pula dengan fluktuasinya, kalau bisa stabil pada kondisi yang diinginkan. Mereka senang lembab tapi tidak basah, sinar memadai (40 -60 %) dan makanannya bergizi. Pengertian bergizi menyangkut kelengkapan komponen makanannya meliputi vitamin, hormon, sumber energi, bahan organik, dan unsur hara makro dan mikro yang lengkap. Pemberian dosis dan konsenrasi harus disesuaikan dengan tahapan pertumbuhannya. Untuk ukuran bayi maka dapat diberikan seperempat dosis yang ada. Demikian terima kasih atas perhatiannya. Semoga bayi Ceologyne nya dapat tumbuh dan berbunga dengan cantik dan indah. Terima kasih
    edhi sandra

  3. Pak Edhi,saya juga sudah beli flask dari toko di KBR Bogor untuk Coe.pandurata serta paphio,untu yang paphio lebih banyak yang hidup ketimbang Coe.tetapi ada juga Coelogyne yang masih tumbuh.

    Saya ingin bertanya ,nich:
    1.apakah antara Coe dan Paphio untuk merawatnya sangat berbeda sekali ? apakah juga karena jenis nya yang berbeda maka juga merawatnya pasti harus berbeda betul.
    2.Mohon petunjuknya pengertian nutrisi untuk menumbuhkan anggrek diatas,seperti apakah selalu harus diasup ZPT,Vitamin ataupun hormon,apakah tidak cukup dengan ZPT saja dst.

    Terima kasih bila bersedia membalsannya.

    Salam

    samarorchid
    BSD-Tangerang

    1. 1. Betul, setiap mahluk hidup memerlukan kondisilingkungan yang sesuai. Kondisi yang diinginkannya biasanya sudah tergambar, atau terlihat dari bentuk tubuh tanaman tersebut. dari ketebalan, warna daun (banyaknya klorofil) besar dan bentuk akar, lebar dan kecilnya daun, tebal dan tipiasnya daun dsb. Dikaitkan dengan faktor ,ingkungan seperti suhu, kelembaban, sinar, angin dan juga ketinggian dari permukaan laut (ketinggian dari permukaan laut ini berkaitan dengan tekanan udara, yang pada akhirnya berpengaruh pada metabolisme.
      Pada intinya untuk memudahkan ikutilah kondisi alamiah dari anggrek tersebut, Buatlah kondisi anggrek di nursery kita seperti di habitat alam aslinya. Baca literatur mengenai karakter dari masing-masing anggrek. Dan rawatlah dengan kasih sayang, maksudnya kita harus peka terhadap setiap perubahan yang terjadi dari anggrek kita. kalau anggrek kitatidak mengalami pertumbuhan saja, sebenarnya sudah menunjukkan hal yang tidak baik, karena sel dan jaringan tetap hidup sementara tidak ada pertumbuhan sel atau jaringan baru berarti kematian sedang menunggu didepan mata… Biasanya hal terpenting adalah tidak tersedianya makanan dengan memadai, tidak mencukupi. hal ini disebabkan media anggrek berupa “prongkolan” arang dll sehingga pupuk dapat terbuang dengan percuma dan yang terserap hanya sekian persennya saja. Untuk itu perlu difikirkan teknik yang efektif da efisien untuk memberikan makan. Bisa dengan cara hidroponik, irigasi tetes, sistem smoker atau sprayer atau sistem slow realease dsb.
      2. makanan berbeda-beda. Kita ibaratkan manusia maka ada nasi itu setara dengan unsur hara makro dan mikro, kemudian ada lauk-pauk, kita ibaratkan pupuk organik, susu dll kita ibaratkan dengan enzim, sedangkan buah-buahan bisa diibaratkan vitamin dan hormon. jadiintinya semuanya merupakan komponen yang diperlukan dan berbeda-beda fungsinya sehingga tidak bisa tidak. Hanya serinkali secara tidak disadari komponen tersebut sudah ada di pupuk organik misalnya…tapi seringkali hal tersebut tidak tercukupi dengan baik. Hal ini akan menyebabkan terjadinya ketimpangan di dalam proses metabolisme. Sebagai contoh suatu proses bila adanya enzim atau hormon akan berlangsung jauh lebih cepat dibandingkan bila tidak ada. Perbedaannya dapat mencapai 10 pangkat 14, sunguh fantastik, dari sini saja sudah terlihat efektifitas dan efisiensiyangdapat dihasilkan bila ada enzim dan hormon tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s